Bisnis diminta untuk menandatangani atau menerima perjanjian lisensi perangkat lunak untuk perangkat lunak yang ingin mereka gunakan dan sebagian besar lisensi perangkat lunak tampaknya sama - atau apakah itu?
Lisensi perangkat lunak dalam bentuknya yang paling sederhana memberikan pemegang lisensi hak untuk menggunakan perangkat lunak tersebut. Tetapi 'hak' dapat dan memang beragam dan mengharuskan kedua belah pihak untuk membaca dan meninjau dan memastikan bahwa lisensi yang diberikan adalah sebagaimana Perangkat Lunak Manajemen Risiko disyaratkan dan dimaksudkan.
Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan:
• perangkat lunak - gambarkan perangkat lunak termasuk nomor versi dan detail lain yang diperlukan sehingga tidak ada keraguan tentang apa yang dilisensikan. Apakah pembaruan termasuk dalam deskripsi (pembayaran dikenakan biaya yang berlaku)?
• perangkat lunak lain yang diperlukan? - Apakah perangkat lunak lain diperlukan untuk menggunakan perangkat lunak yang dilisensikan? Apakah demikian, apakah pemegang lisensi untuk membeli ini untuk penerima lisensi atau akankah penerima lisensi diminta untuk mengambilnya secara terpisah? Berapa biaya lisensi yang harus dibayarkan untuk penggunaan perangkat lunak pihak ketiga?
• istilah - apakah istilah ini abadi atau tidak? Di mana istilah itu 'abadi', apakah istilah itu berakhir pada pengakhiran perjanjian? Bilamana jangka waktu tidak selamanya, apakah jangka waktu yang diusulkan sesuai dengan persyaratan pemegang lisensi? Bagaimana pembaruan terjadi - apakah penerima lisensi perlu memberikan pemberitahuan tertulis jika ingin memperbarui, atau jika tidak ingin lisensi diperbarui secara otomatis?
• biaya lisensi; waktu pembayaran - kapan biaya lisensi harus dibayar? Apakah pembayaran satu kali, tahunan atau bulanan?
• jumlah pengguna dan batasan lainnya - apakah ada batasan jumlah pengguna atau batasan lain dalam penggunaan - apakah ini dapat diterima. Proses apa yang berlaku untuk meningkatkan jumlah pengguna dan biaya apa yang berlaku?
• eksklusif / non-eksklusif - sebagian besar lisensi perangkat lunak adalah non-eksklusif, yang berarti bahwa pemegang lisensi tidak memiliki hak eksklusif untuk menggunakan perangkat lunak. Namun pemegang lisensi mungkin Menggunakan Perangkat Lunak Online ingin memiliki (dan karenanya bernegosiasi dengan pemegang lisensi untuk memiliki) hak eksklusif untuk menggunakan perangkat lunak di wilayah atau industri tertentu atau untuk memastikan bahwa pemegang lisensi tidak akan memberikan lisensi kepada pesaing tertentu untuk menggunakan perangkat lunak tersebut.
• lingkungan perangkat keras dan pengoperasian - pemberi lisensi harus merekomendasikan persyaratan perangkat keras minimum dan juga lingkungan operasi. Pemberi lisensi harus memberitahukan persyaratannya dan memastikan perangkat keras yang disarankan sesuai. Biaya perubahan yang diperlukan untuk perangkat keras dan lingkungan operasi perlu diperhitungkan oleh pemberi lisensi dalam penganggarannya untuk proyek tersebut.
• dokumentasi - jenis dokumentasi apa yang diperlukan dan apa yang disediakan? Ini harus dipertimbangkan oleh pemegang lisensi dalam konteks dukungan helpdesk yang tersedia dari pemberi lisensi dan keberadaan komunitas pengguna online. Jika salah satu dari ini kurang, mungkin ada ketergantungan yang lebih besar pada tersedianya dokumentasi; dokumentasi teknis dan / atau pengguna.
• pelatihan - di mana pelatihan diperlukan oleh pemegang lisensi, pelatihan harus sedemikian rupa sehingga pengguna yang relevan dapat secara kompeten menggunakan perangkat lunak, baik melalui pendekatan pelatihan pelatih atau melalui pelatihan langsung. Pertimbangkan berbagai jenis pengguna dan pastikan pelatihan tersebut sesuai dengan tujuan penggunaan perangkat lunak yang dimaksud, misalnya pengguna dalam tim administrasi akan memiliki persyaratan yang berbeda dengan pengguna dalam tim manajemen senior.
• penyesuaian - di mana perangkat lunak perlu disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan pemegang lisensi, komponen layanan harus dimasukkan dalam perjanjian lisensi atau dalam perjanjian terpisah. Ruang lingkup layanan kustomisasi harus ditentukan dengan cermat dan dasar penetapan harga disepakati. Kustomisasi akan berdampak pada hal-hal lain yang perlu disepakati dalam perjanjian lisensi, misalnya penyediaan dukungan dan pemeliharaan, kompatibilitas peningkatan standar, dokumentasi dan pelatihan.
• informasi rahasia - di mana informasi rahasia harus diungkapkan oleh salah satu pihak, kewajiban pengungkapan dan penggunaan informasi rahasia itu perlu ditangani. Apabila pengungkapan awal terjadi sebelum perjanjian lisensi dibuat, kewajiban kerahasiaan perlu ditangani dalam NDA (perjanjian non-pengungkapan) yang terpisah atau kewajiban kerahasiaan dalam perjanjian lisensi perangkat lunak perlu secara tegas diterapkan pada informasi yang diungkapkan. sebelum tanggal perjanjian lisensi perangkat lunak.
Komentar
Posting Komentar